Membeli Air Minum dalam Kemasan? Agar Sehat-kah?

CB061652Pernah heran kenapa banyak orang suka membeli dan minum minuman dalam kemasan? Terutama air dalam kemasan? Padahal air dengan mudah dapat kita dapat dan proses menyehatkannya juga cukup mudah, hanya dengan memasaknya dengan suhu tertentu sudah bisa sehat diminum. Ditambah lagi kenyataan bahwa perekonomian sedang naik turun, namun masih banyak orang yang membeli minuman dalam kemasan. Kenapa? Apakah ini karena alasan kesehatan? Ternyata penelitian yang dilakukan di United Kingdom menunjukkan bahwa motivasi utama orang membeli air dalam kemasan adalah kenyamanan.

Penelitian ini, seperti yang dipublikasikan di jurnal terbuka BMC Public Health, berdasarkan pada interview dengan 23 pengguna Pusat Olahraga Munrow di Kampus Universitas Birmingham. Wawancara ini dilakukan pada Januari 2008 sampai Maret 2008. Mayoritas dari peserta penelitian – 19 orang- merupakan pengguna “terbatas” yang mengkonsumsi air dalam kemasan, dimana mereka rata-rata mereka minum 0,5-3,5 liter per minggu. Dua peserta minum lebih dari 10 liter per minggu, dan dua orang berkata mereka tidak pernah minum air dalam kemasan.

Namun ternyata diluar kepercayaan umum bahwa membeli air dalam kemasan memiliki dampak meningkatkan kesehatan, kebanyakan peserta penelitian tidak mampu mengidentifikasikan manfaat minum air dalam kemasan ini bagi kesehatan. Alasan umum yang terbanyak mereka ungkapkan adalah karena faktor kenyamanan mereka membli air dalam kemasan. Banyak peserta bilang bahwa mereka minum air yang dimasak dirumah, namun ketika berada diluar rumah mereka membeli air dalam kemasan.

“Menariknya, ketika mayoritas dari peserta penelitian mengungkapkan kepercayaan bahwa air dalam kemasan memiliki dampak kesehatan dalam cara tertentu, secara paroks peserta ini juga menyatakan bahwa manfaat kesehatan dari air dalam kemasan tidak terbukti dan tidak eksis.” Tulis peneliti dalam laporannya. “Mungkin ini merefleksikan kebingungan dalam masyarakat umum.”

Nah, lalu bagaimana dengan Anda, apakah bagi Anda minum air dalam kemasan memiliki manfaat kesehatan yang pasti? Atau Anda juga membeli air minum dalam kemasan karena alasan lebih nyaman, mudah, dan cepat?

Diterjemahkan secara bebas dari WebMD Health News.

2 thoughts on “Membeli Air Minum dalam Kemasan? Agar Sehat-kah?

  1. Pingback: A.I.R. « Cerita Puisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s